Minggu, 31 Oktober 2010

Tugas Maba 2010

STUDENTSITE
Studentsite adalah situs resmi mahasiswa Universitas Gunadarma dan melalui situs ini pelayanan administrasi akademik dapat dilakukan. Di halaman awal situs ini (http://studentsite.gunadarma.ac.id),  kita bisa mengetahui info tentang kemahasiswaan. Biasanya info yang terdapat di halaman ini adalah info mengenai tugas dari dosen, seminar, lomba, workshop, dan sebagainya.Kita dapat mengakses studentsite milik kita dengan cara menu log in. Kita bisa log in ke situs ini menggunakan username dan password yang sudah kita buat sebelumnya. Jika kita sudah log in maka akan muncul halaman pribadi kita atau disebut juga locker. Di locker ini kita bisa menjumpai yang namanya Kalendar Akademik. Di kalendar ini kita bisa mengetahui jadwal-jadwal kegiatan yang ada di Universitas Gunadarma secara garis besar. Selain kalendar akademik juga terdapat BAAK NEWS di locker ini. Kita bisa melihat info tentang kegiatan akademik di BAAK NEWS ini. Dan masih banyak lagi fasilitas yang terdapat pada studentsite seperti e-mail, calender, addresbook, infolog, dll. Selain itu pada studentsite juga terdapat menu layanan studentsite yang berfungsi untuk melihat jadwal kuliah, rangkuman nilai, lacture massage, ug portofolio, dan masih banyak lagi.
Kelebihan Studentsite
+        Dapat mengupdate berita tentang gunadarma dari mana saja dan kapan saja.
+        Melihat jadwal perkuliahan dengan mudah.
Kekurangan Studentsite
-        Saat mau aktifasi pertamakali sering error
-        Banyak yang mengakses jadi kadang-kadang tidak bisa di buka
BAAK
BAAK Universitas Gunadarma adalah biro yang menangani segala sesuatu yang berkaitan dengan penyelenggaraan kegiatan belajar-mengajar di Universitas Gunadarma dan administrasi akademik bagi seluruh mahasiswa Universitas Gunadarma. Bagian yang terdapat di BAAK antara lain :
  1. BAAK Fakultas (Ilmu Komputer, Ekonomi, Teknik Sipil & Perencanaan, Teknologi Industri, Psikologi, dan Sastra);
  2. Bagian Ujian Semester dan Bank Soal;
  3. Bagian Koordinasi Perkuliahan
    • Sub Bagian Jadwal Kuliah;
    • Sub Bagian Koordinasi Mata Kuliah dan Penasihat Akademik;
    • Sub Bagian Penghubung dan Pendamping Dosen.
  4. Bagian Monitoring Kuliah.
    • Sub Bagian Monitoring Kehadiran Dosen;
    • Sub Bagian Monitoring Kehadiran Mahasiswa.
Kelebihan BAAK
+        Memudahkan kita dalam mengurus administrasi akademik
+        Memudahkan kita dalam melihat jadwal akademik

BAPSI
Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi (BAPSI) merupakan salah satu unit struktural yang ikut mempunyai kontribusi dalam perencanaan, pengembangan, implementasi dan pemeliharaan fasilitas teknologi informasi di Universitas Gunadarma. Fungsi dan wewenang BAPSI secara umum bersifat koordinatif bersama unit pelaksana dan unit terkait lainnya dalam peningkatan layanan informasi akademik dan pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi.
Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi (BAPSI) merupakan unit kerja di tingkat universitas yang berada di bawah Rektor deserta jajaran Pembantu Rector, sesuai dengan struktur organisasi Universitas Gunadarma.
Fungsi dan wewenang BAPSI secara umum bersifat koordinatif bersama unit pelaksana dan unit terkait lainnya dalam peningkatan layanan informasi akademik dan pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Pada tahun 2007 ini, BAPSI membentuk unit kerja khusus yaitu Network Operation Center (UG-NOC), System Development Center (UG-SDC), Media and Information Center (UG-MIC), E-Learning Center (UG-ELC), dan Research Information Center (UG-RIC). Kelima unit baru tersebut melengkapi struktur BAPSI sebelumnya, khususnya yang terkait dengan layanan Sistem Informasi.
Kantor BAPSI berlokasi di Gedung 2 lantai 3, Kampus Depok, Jalan Margonda No.100 Depok.
Didalam BAPSI terdapat fasilitas-fasilitas seperti fasilitas tik, download, helpdesk, staffsite, ug hotzone map, dll.
Kelebihan BAPSI
+        Membantu para mahasiswa mengetahui apa saja yang telah terjadi di gunadarma



SAP
Satuan Acara Perkuliahan (SAP) ialah yang berisi pembagian materi suatu matakuliah tiap kali kuliah (setiap pertemuan). SAP berisi rincian materi kuliah setiap pertemuan kuliah dan berikut tujuan belajarnya serta buku-buku acuan untuk belajar. Yang dimaksud tujuan belajar ialah apa yang minimal dikuasai mahasiswa setelah mendapat materi perkuliahan.
Setiap mata kuliah memiliki Satuan Acara Pengajaran (SAP) yang merupakan penjabaran secara rinci rencana perkuliahan. SAP tersebut harus memuat unsur-unsur sebagai berikut :
  • Kode, nomor, dan nama mata kuliah.
  • Kedudukan mata kuliah (Mata Kuliah Umum (MKU), Mata Kuliah Dasar Keahlian (MKDK) dan Mata Kuliah Keahlian (MKK))
  • Semester dan tahun mata kuliah tersebut diajarkan.
  • Bobot kredit.
  • Tujuan mata kuliah.
  • Mata Kuliah prasyarat (bilamana perlu).
  • Nama pengajar.
  • Waktu dan tempat kuliah
  • Rincian acara perkuliahan dan bahan bacaan wajib dan anjuran.
  • Cara mengevaluasi proses belajar-mengajar.
Kelebihan SAP:
+        Dapat mengetahui jadwal dari acara-acara yang ada di gunadarma


Nama: Esa neza kurnia
NPM: 52410438

Tidak ada komentar:

Posting Komentar