Jumat, 01 Oktober 2010

Penduduk, Masyarakat dan kebudayaan

Penduduk, Masyarakat dan kebudayaan


Ada 3 jenis piramida penduduk:
1. piramida penduduk muda (expansive)
2. piramida penduduk stasioner
3. piramida penduduk tua (constructive)

adapun penjelasan dari 3 jenis piramida penduduk adalah:

a. Piramida Penduduk Muda (Expansive)
Suatu wilayah yang memiliki angka kelahiran yang tinggi dan angka kematian yang rendah sehingga daerah ini mengalami pertumbuhan penduduk yang cepat. Piramida ini dicirikan sebagian besar penduduk masuk dalam kelompok umur muda.
Contohnya adalah negara-negara yang sedang berkembang, misalnya Indonesia, Malaysia, Filipina, dan India.

b. Piramida Penduduk Stasioner
Suatu wilayah memiliki angka kelahiran dan angka kematian yang sama-sama rendah (seimbang). Contohnya adalah negara-negara Eropa Barat.

c. Piramida Penduduk Tua (Constructive)
Suatu wilayah memiliki angka kelahiran yang menurun dengan cepat dan tingkat kematian yang rendah. Piramida ini juga dicirikan dengan jumlah kelompok umur muda lebih sedikit dibanding kelompok umur tua. Contohnya adalah negara-negara yang sudah maju, misalnya Amerika Serikat.

Persebaran penduduk adalah bentuk penyebaran penduduk di suatu wilayah atau negara, apakah penduduk tersebut tersebar merata atau tidak.
Persebaran penduduk atau disebut juga distribusi penduduk menurut yempat tinggal dapat dibagi menjadi dua kategori yaitu persebaran penduduk secara geografis dan persebaran penduduk secara administrative, di samping itu ada pesebaran penduduk menurut klasifikasi tempat tinggal yakni desa dan kota. Secara geografis, penduduk Indonesia terbesar dibeberapa pulau besar dan pulau-pulau atau kepulauan.

Rasio Ketergantungan (Dependency Ratio) adalah perbandingan antara jumlah penduduk berumur 0-14 tahun, ditambah dengan jumlah penduduk 65 tahun keatas dibandingkan dengan jumlah penduduk usia 15-64 tahun. Rasio ketergantungan dapat dilihat menurut usia yakni Rasio Ketergantungan Muda dan Rasio Ketergantungan Tua.

Menurut saya, pemerintah seharusnya memberi perhatian lebih terhadap masalah persebaran penduduk di Indonesia, karena agar ibu kota Jakarta tidak semakin padat dan tidak terurusi. Sedangkan di daerah-daerah lainnya semakin sepi / malah tidak ada penduduknya.

sumber-sumber:
1. www.google.com
2. www.wikipedia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar