Minggu, 11 Maret 2012

Perkembangan website

Siapa sih penemu web?

Pada tahun 1960, Ted Nelson mempopulerkan konsep hypertext, dan Douglas Engelbart menciptakan kerja pertama sistem hypertext. Pada tahun 1980-an, Web itu sendiri diciptakan oleh Tim Berners-Lee dan Robert Cailliau di Eropa, dan kemudian dengan cepat menyebar ke seluruh dunia melalui Internet.  pada tahun 1990 oleh Marc Andreessen dan tim NCSA yang mengembangkan Mosaic dan browser Netscape.
Marc Andreessen dan timnya menemukan Mosaic, browser Web pertama yang populer dan sangat membantu penyebaran penggunaan dan pengetahuan tentang web di seluruh dunia.
Marc Andreessen dan Eric Bina, mulai bekerja pada sebuah versi browser untuk X-Windows pada komputer Unix, pertama kali dirilis sebagai versi 0.5 pada tanggal 23 Januari 1993.
Mosaic dibangun pada server Berners-Lee, dan memberikan dukungan untuk grafis, suara, dan klip video. Inovasi dengan menggunakan bookmark dan file sejarah ditambahkan. Mpada saat itu Mosaic dengan cepat menjadi web browser yang paling populer, membantu mempercepat pertumbuhan web.
Pada bulan Agustus 1994, NCSA mengalihkan seluruh hak komersial untuk Mosaic kepada Spyglass, Spyglass Inc kemudian melisensi teknologi mereka untuk beberapa perusahaan lain, termasuk Microsoft untuk digunakan dalam Internet Explorer.

NCSA berhenti mengembangkan Mosaic pada Januari 1997, sejak Netscape dan Microsoft mulai membawa tim pengembangan besar untuk menanggung pada pengembangan browser mereka sendiri.

Dan sekarang dengan Seiring waktu teknologi web telah berevolusi. Web hari ini adalah hasil dari upaya berkelanjutan dari komunitas open web yang membantu mendefinisikan teknologi web, seperti HTML5, CSS3 dan WebGLdan memastikan bahwa mereka didukung di semua browser web.
Karena perkembangan yang sangat pesat dari website, sehingga website zaman sekarang dengan mudahnya kita dapat mengetahui informasi dari seluruh dunia dengan sekejap mata. Informasi ini bisa kita dapatkan melalui teks, foto, animasi , audio/video, dll yang terdapat pada situs website yang kita kunjungi.
Dan mumngkin situs website masa depan akan berinovasi lebih canggih lagi, seperti melibatkan semua indera yang ada pada manusia, termasuk bau dan rasa. Contohnya pada situs yang menampilkan informasi tentang makanan, dan dengan hanya membuka website tersebut anda dapat mencium aroma dari masakan tersebut dan menampilkan gambar dari makanan tersebut dalam bentuk 3 dimensi dengan memasangkan perangkat pendukung pada pc anda.
Jadi teknologi yang sudah ada sekarang itu akan berkembang lagi menjadi semakin inovativ dan sangat fungsional untuk para masyarakat dengan  mengikuti zaman yang juga akan berkembang.

Sumber-sumber referensi:

tanggal mengunjungi website 11 Maret 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar